Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW

Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW

8 tahun

Perkenalan dunia bisnis Rasuluallah dimulai ketika beliau masih berumur 8 tahun. Muhammad tinggal bersama pamannya, Abu Thalib. Walaupun menjadi ketua Suku Bani Hasyim, Abu Thalid hidup dengan sederhana. Bahkan, Nabi Muhammad belajar hidup mandiri dengan menggembala kambing di padang pasir. Dari hasil mengembala kambing itu beliau mendapat upah dari penduduk.

12 tahun

Nabi memulai belajar berdagang ketika berusia 12 tahun. Sang paman mengajak beliau ke Negeri Syam untuk ikut berdagang. Dari sini jiwa entrepreneuship Baginda Rasul mulai terasah. Beliau dan sang paman melakukan perjalanan bisnis ke beberapa negara, antara lain Syiria, Jordan dan Lebanon. Nabi cukup cerdas untuk menangkap peluang bisnis yang berkembang pesar di sana adalah perdagangan.

17-20 tahun

Nabi Muhammad mampu bersaing dengan pebisnis pebisnis senior tingkat regional Bukan sekadar pebisnis biasa, namun juga pebisnis kuat dan sukses.Mitra mitra kerja Nabi Muhammad mengakui bahwa beliau matang dalam perhitungan,jujur,professional. Sebenarnya tidak heran jika dalam diri Nabi Muhammad SAW bergelora jiwa bisnis. Ternyata, latar belakang keluarganya sendiri adalah pebisnis. Sejarah mencatat, empat orang putra Abdul Manaf (kakek dari kakeknya) adalah pemegang izin kunjungan danjaminan keamanan dari para penguasa dari negara-negara tetangga seperti Syiria, Iran, Yaman dan Etiopia. Mereka membawa kafilah-kafilah bisnisnya ke berbagai negara tersebut secara aman dan lancar.

25 tahun

Perjalanan waktu menunjukan,Nabi menjalankan kontrak syirkah (kerja sama) dengan system upah maupun bagi hasil (mudharabah) dengan Khadijah. Nabi Muhammad mendapat kepercayaan konglomerat Makkah, Khadijah, untuk menjalin kerja sama bisnis sebagai manajer bisnis. Gaji yang diterima Nabi Muhammad kala itu 4 ekor unta setiap bulan.

Masa dagang Nabi Muhammad menyusuri jalur dagang utam, antara lain Yaman, Syam melalui Madyan, Wadil Qura. Keuntungan yang didapat lebih besar dari kelompok dagang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *